Rabu, 23 Desember 2009

Sambil melihat Jadwal pertandingan Piala Dunia 2010 yang beberapa bulan yang akan datang akan segera digelar. Pesta bertemunya negara-negara biang sepakbola di dunia ini akan menambah semarak di tahun 2010. Badan sepakbola dunia FIFA, Kamis (3/12) mengumumkan akan menaikkan hadiah untuk pemenang Piala Dunia 2010 nanti sebesar 60 persen. Sehingga negara yang menjadi kampium akan membawa pulang hadiah uang sebesar 31 juta dolar.



Kenaikan jumlah hadiah tersebut merupakan hasil pertemuan FIFA yang diselenggarakan di Pulau Robben, Afrika Selatan, tempat mantan Presiden Afsel, Nelson Mandela dan Presiden Afsel sekarang Jacob Zuma dipenjara selama perjuangan melawan apartheid. Dari pertemuan tersebut, Ketua Eksekutif FIFA menyetujui kenaikan hadiah uang untuk Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan dari 261 juta dolar menjadi 420 juta dolar.

Sekjen FIFA Jerome Valcke mengumumkan dari total 420 juta dolar tersebut, sebanyak 31 juta dolar diperuntukkan bagi juara sementara masing-masing dari 32 tim akan menerima sekurang-kurangnya 9 juta dolar walaupun mereka tidak lolos dari fase grup.

Mengenai Irlandia, FIFA berjanji untuk menawarkan "kompensasi khusus" atas rasa kecewa mereka yang gagal lolos ke Piala Dunia 2010 akibat handball kontroversial kapten Prancis Thierry Henry. Mengenai "kompensasi khusus" tersebut, FIFA tidak menjelaskan berbentuk apa, namun yang pasti bukan berupa uang. Karena menurut Presiden FIFA Sepp Blatter, jika memberi kompensai uang kepada Irlandia maka akan mengarah ke lebih banyak negara untuk menuntut kompensasi yang sama atas keputusan-keputusan wasit yang salah. Tapi ia sedang mempertimbangkan semacam penghargaan khusus atau hadiah untuk Irlandia.

0 komentar:

Posting Komentar